Minggu, 27 Mei 2012

Kiat - Kiat Tidur Siang Berkualitas

Kiat - Kiat Tidur Siang Berkualitas


   Banyak penelitian menunjukkan, tidur siang sekira 30-45 menit dapat membantu kita kembali bugar di tengah aktivitas yang menumpuk. Tidur siang telah menjadi hal penting dalam gaya hidup mahasiswa yang tidak hanya disibukkan dengan kuliah, tetapi beragam kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

   Tetapi, tidur siang tetap tidak bisa menggantikan jam tidurmu yang kurang tadi malam. Ketika tidur siang, kamu perlu juga memerhatikan durasi, lokasi, dan alarm yang perlu kamu siapkan. Tentu saja, selalu ada kemungkinan kita akan kebablasan tidur, tetapi jangan khawatir, kiat-kiat ini akan membantumu mendapatkan tidur siang yang berkualitas.

Lakukan: rencanakan tidur siangmu. Jika kamu tahu kamu akan belajar hingga larut malam dalam beberapa hari ke depan, tidur siang dapat membantumu menghindari "mata zombie".  Cobalah mencuri satu jam di tengah-tengah hari untuk tidur siang.

Hindari
: menyamakan tidur siang dengan tidur reguler. Tidur siang tidak dimaksudkan untuk menggantikan jam tidur regulermu. Kamu tetap perlu tidur malam selama delapan jam.

Lakukan: pasang beberapa alarm. Pastikan kamu memasang dua hingga tiga alarm berbeda untuk memastikan kamu dapat bangun tepat waktu. Terkadang, memasang alarm setengah jam sebelum waktunya bangun juga efektif. Ia akan menjadi semacam peringatan bagi tubuhmu bahwa waktu tidur siang akan segera usai.

Hindari: tidur siang di tempat tidurmu. Kenyamanan tempat tidur bagaikan sebuah jebakan. Tidur di tempat tidurmu akan membuatmu merasa ingin tidur lebih lama. Kamu bisa memilih sudut ruang unit kegiatan mahasiswa (UKM), atau tempat lainnya yang memungkinkan.

Lakukan: beri tahu teman bahwa kamu ingin tidur siang. Dengan begitu, mereka akan membangunkanmu jika kamu sudah tidur terlalu lama dan tidak terbangun ketika alarm berbunyi. Kamu enggak akan mau ketiduran dan enggak ikut kuliah siang kan?

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews