Rabu, 01 Juni 2011

Istilah dan Keterangan yang Berhubungan dengan Virus


Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Jenis-jenis Virus yang Berbahaya bagi Komputer Kita dan Jenis-jenis Trojan yang Harus Kita Ketahui. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Istilah-istilah dan Keterangan-keterangan yang berhubungan dengan Malware, Virus, Trojan dan Worm.
Check It Out


Berikut ini beberapa istilah dan keterangannya : 

1.    Exploit
       Ini adalah suatu program atau kumpulan data yang masuk ke komputer melalui kelemahan keamanan kita atau bug (cacat/kesalahan) suatu aplikasi atau sistem operasi (OS). Exploit bisa melalui jaringan atau komputer lokal yang tidak terkoneksi dalam satu jaringan, serta berfungsi meningkatkan hak akses atas suatu jaringan atau komputer lokal untuk mengendalikan dan mengambil data yang ada di dalamnya.

2.     Spyware
        Suatu program yang ter-install secara diam-diam di komputer kalian. Setelah ter-install, dia memonitor kebiasaan kalian berinternet dan situs apa saja yang sering kalian kunjungi. Spyware ini seperti seorang mata-mata yang menyusup di sebuah kota lalu mengamati tingkah laku dan kegiatan sehari-hari, setelah itu akan banyak surat yang datang kerumah kalian tentang penawaran-penawaran menarik yang berhubungan dengan kegiatan yang sering kamu lakukan.

3.    Adware
       Adware adalah istilah untuk suatu program mencurigakan yang meng-install dirinya secara diam-diam di komputer kalian. Tetapi, dia selalu menampilkan iklan pada saat kamu berselancar di internet. Kalian bisa dengan mudah menyingkirkan Adware karena jarang berbahaya dan tidak merusak sistem. Namun, tidak jarang Adware yang tidak hanya menampilkan iklan pada saat kalian memakai internet juga mengambil user-id, password, dan daftar alamat e-mail (surat elektronik).

4.    Backdoor
       Backdoor adalah suatu mekanisme atau metode yang bisa digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi atau jaringan. Dulunya backdoor ini dibuat oleh seorang programmer agar bisa mengakses programnya sendiri ketika terjadi bug (cacat/ kesalahan dalam pemrograman atau crash yang terjadi pada programnya).

5.   Rootkit
      Sebuah program atau kombinasi dari beberapa program yang mengambil alih sistem secara luas, misalnya account administrator pada Windows. Rootkit ini bisa menyerang segala jenis sistem operasi (OS), akibatnya bisa menghilangkan atau bahkan menyembunyikan file-file di sistem.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews