Rabu, 25 Mei 2011

3 Virus Berbahaya


Pada postingan sebelumnya kita membahas mengenai " 4 Siklus Hidup yang Dialami Virus Komputer ". Kali ini kita akan membahas mengenai 3 Jenis Virus Berbahaya seperti Malware (MALicious softWARE). Trojan Horse (Kuda Troya), dan Worm (cacing komputer). Untuk Lebih jelasnya CHECK IT OUT


1. Malware
    Istilah ini merujuk pada program yang dapat dieksekusi dan merusak sistem komputer kalian. Seorang programmer sering melakukan kesalahan dalam membuat sebuah program dan dalam dunia komputer kesalahan tersebut disebut dengan BUG. Apa hubungannya bug dengan malware? Bug yang dibuat oleh seorang programmer itu bisa saja dikategorikan sebuah Malware jika bug dari program yang dibuat olehnya dapat merusak atau mengganggu sistem komputer kalian. Oleh karena itu, Virus, Trojan dan Worm masuk dalam kategori ini.


2. Worm
    Worm merupakan program berbahaya yang berbeda dengan virus. Worm tidak menempel atau mengubah file seperti virus. Tetapi hanya doyan nangkring dikomputer kita yang sering terhubung ke internet atau di dalam jaringan.
    Meski kerjanya suka nongkrong di memory komputer kamu, tetapi dia akan beraksi dalam sebuah jaringan dan terus menduplikasi dirinya. Biasanya sebuah jaringan yang ada Worm-nya dapat dipastikan kecepatannya menurun. Celakanya, selain memperbanyak diri lewat jaringan dia juga bertugas membuat backdoor (pintu belakang) untuk menyusup dan memungkinkan mengendalikan dari jarak jauh (remote) suatu komputer.


3. Trojan Horse
    Istilah Kuda Troya ( Trojan Horse ) berasal dari mitologi Yunani pada saat perang Troya. Dikisahkan, pada zaman dahulu kala pasukan Yunani melawan pasukan dari Kerajaan Troya selama 10 tahun karena begitu tangguhnya pasukan dari kerajaan Troya, Yunani pun memutar otak untuk mensiasati perang ini. Yunani mendapatkan ide yaitu membuat sebuah kuda raksasa yang di dalam rongga badannya yang besar menampung pasukan dari Kerajaan Yunani. Akhirnya Yunani pura-pura mengalah dan mundur, lalu Kerajaan Yunani pun menghadiahkan kuda raksasa tersebut kepada rakyat Troya. Alhasil, rakyat Troya membawa kuda raksasa berisi banyak pasukan ini ke dalam kota. Bisa ditebak kan apa yang terjadi dengan rakyat troya yaitu pada malam harinya pasukan Yunani yang bersembunyi di dalam tubuh kuda raksasa itu keluar dan akhirnya berhasil menaklukan Kerajaan Troya.
     Sama jahatnya, Trojan menyusup dan menghancurkan yang diinginkannya, dalam konteks ini adalah komputer kamu. Tidak seperti virus komputer yang menyerang kamu dengan cara langsung, namun Trojan bergerak secara diam-diam tanpa kamu ketahui, tetapi potensi merusaknya jauh lebih besar dibandingkan dengan virus.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews