Selasa, 24 Mei 2011

4 Siklus Hidup yang Dialami Virus Komputer



Melanjutkan postingan sebelumnya yang berjudul "6 jenis virus yang sering menyerang komputer"  dan juga "5 Kemampuan yang Dimiliki oleh Virus", Kali ini saya ingin memberitahukan agan-agan sekalian bahwa virus komputer juga memiliki siklus hidup layaknya sebuah virus biologis, tanpa panjang lebar Check It Out


1.     Dormant Phase (Fase Istirahat/ Tidur)
         Pada fase ini virus yang menjangkiti komputer kalian masih dalam keadaan belum aktif atau masih tidur nyenyak. Dia akan aktif jika dipicu oleh sesuatu yang dapat mengganggu tidurnya itu, misalkan, tanggal tertentu yang telah ditentukan pemilik virus tersebut, aplikasi yang kalian jalankan, dan juga berbagai pemicu lainnya yang telah ditentukan oleh si pemilik dan pembuat virus itu.

2.      Propagation Phase (Fase Penyebaran)
         Salah satu kriteria virus akan berjalan pada fase ini, yaitu kemampuannya untuk menggandakan diri dan menginfeksi file atau program di komputer kalian. Pada fase penyebaran/ Propagation, virus komputer memperbanyak dirinya sendiri dengan mengkopi dirinya sendiri kedalam media penyimpanan kalian yang kemudian me-load dirinya ke RAM (Random Access Memory). Dengan cara mengkopikan dirinya di program start-up dia akan selalu terpanggil pada saat komputer kalian hidup kemudian me-load ke RAM dan menginfeksi program-program lain.

3.      Trigerring Phase  (Fase Aktif)
         Pada dormant phase/ fase tidur kita sudah membahas bahwa virus komputer akan aktif jika ada pemicunya. Nah, pada fase inilah virus komputer akan aktif karena sudah dipicu oleh beberapa kondisi tertentu.

4.      Execution Phase (Fase Eksekusi)
         Dari nama fasenya saja pasti sudah ketahuan kan, virus komputer mau ngapain??? Fase ini adalah fase kejayaan virus komputer karena difase ini, virus komputer mulai beraksi menghapus beberapa file kalian sampai memanipulasi pesan-pesan aneh atau bermain-main dengan keyboard dan tampilan desktop komputer kalian.

Sekian dulu bahasannya moga-moga dapat membantu kalian dalam mengetahui fase-fase apa saja yang harus dilakukan virus sebelum menyerang komputer kita.  Wassalam.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews