Senin, 23 Mei 2011

5 Kemampuan yang Dimiliki oleh Virus


Melanjutkan postingan sebelumnya mengenai 'Virus Komputer Melawan Virus Biologis'. Kali ini kita akan membahas mengenai kemampuan yang dapat dilakukan oleh virus komputer. Apa itu Virus?
Virus atau worm adalah suatu program komputer yang dapat menyebar pada komputer atau jaringan dengan cara membuat copy dari dirinya sendiri tanpa sepengetahuan dari pengguna komputer tersebut. Virus dapat menimbulkan efek yang berbahaya, misalnya mulai dari menampilkan pesan, mencuri data atau bahkan mengontrol komputer Anda dari jarak jauh.
Baiklah tanpa panjang lebar kita mulai untuk mengetahui Apa aja sih kemampuan yang dapat dilakukan oleh virus komputer. Check It Out..


1.   Memiliki kemampuan memperbanyak dirinya
      Tanpa diketahui, virus akan memperbanyak diri di file-file dalam komputer. Ini menyebabkan kita sulit mengetahui bahwa sebenarnya virus sudah menyebar. Virus komputer akan menginfeksi file yang belum terinfeksi, lalu menhapus atau mengubah namanya. Dia juga akan membuat sebuah file baru dengan nama file tadi, yang sebenarnya adalah virus itu sendiri.

2.    Memiliki kemampuan mengumpulkan informasi
       Virus komputer memiliki kemampuan mencari informasi di komputer agan-agan sekalian. Dia mencari daftar nama-nama file yang bisa diinfeksi, mencari letak tabel partisi, file FAT 32. Misalnya, virus akan menginfeksi file microsoft word yang berekstensi doc. Maka layaknya petugas sensus penduduk, virus akan mendata dulu file-file di dalam komputer agan-agan sekalian yang berekstensikan doc.

3.     Memiliki kemampuan menyembunyikan diri
        Yup betul sekali, virus juga mempunyai kemampuan menyembunyikan dirinya sendiri. Kamu tidak bisa mengakses di komputer agan-agan sekalian, coba deh agan tekan Ctrl + Alt + Del, untuk memunculkan Task Manager yang berisi rincian proses yang sedang berjalan di komputer agan-agan. Task Manager adalah alat yang memperlihatkan kegiatan pada komputer layaknya tubuh agan-agan. Misalnya, jantung agan lagi memompa darah, hati agan lagi menetralkan racun. Virus juga seringkali membuat Task Manager tidak bisa dibuka agar agan tidak bisa memantau kegiatan yang dilakukannya.
         Ukuran virus biasanya kecil. Ini bertujuan agar agan tidak curiga dengan file miliknya. Bisa dibilang ini adalah Teknik Penyamaran Virus.

4.       Memiliki kemampuan memeriksa keberadaannya sendiri
          Virus memiliki kemampuan mengenali suatu file apakah sudah ada ID virus atau belum. Jika belum, virus akan menginfeksi file tersebut. Hal ini menghindari penyusupan ganda virus komputer dalam suatu file.

5.        Kemampuan memanipulasi
           Banyak virus melakukan hal berikut untuk menunjukan eksistensinya.
  • Mengubah layar monitor agan dengan gambar atau kadang pesan-pesan aneh yang tidak perlu. Biasanya sih pesan-pesan ini dari virus makernya.
  • Merusak struktur disk dan menghapus file-file.
  • Mengganti volume disket.
  • Mengacaukan kerja alat-alat komputer, baik itu input maupun output, seperti kerja printer, keyboard, dan berbagai peripheralnya.

    0 komentar:

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews