Senin, 23 Mei 2011

Virus Komputer Melawan Virus Biologis


Virus nggak melulu menyerang tubuh manusia, tapi ada juga virus komputermu. Jika kamu demam, bersin-bersin, kemudian flu berat, itu artinya system pertahanan di tubuhmu berhasil diserang oleh virus biologis. Makanya kamu jadi lemah.
Nggak beda jauh dengan virus yang menyerang tubuh manusia, Virus yang Menyerang Komputer juga menyebabkan stamina komputer menurun.
  1.      Virus biologis menyerang suatu sel tertentu dalam tubuhmu, menjangkitimu beberapa hari hingga membuatmu sakit. Nah, ini sama dengan virus komputer. Virus menembus system keamanan komputermu lalu menyerang file dan membuat komputermu menjadi ‘sakit’. Bedanya, komputermu nggak bersin-bersin. Hehehe
  2.       Virus Komputer dan Virus Biologis sama-sama memiliki struktur. Namun, struktur virus computer berbeda dengan virus biologis. Virus computer disusun dari sebuah pengkodean bahasa pemrograman tertentu.
  3.       Virus Biologis memerlukan media penyebaran. Contohnya: Jika kamu sedang bersin-bersin dan teman kamu berada didekatmu, besar kemungkinan teman kamu bakal tertular juga. Virus ini menyebar menggunakan media udara. Virus Komputer juga memerlukan media untuk menyebarkan virus itu sendiri. Medianya berupa flasdisk, disket, internet dan jaringan  computer (misalnya: LAN (Local Area Network)).
  4.       Seorang teman yang jago biologi pernah bilang, “Virus itu bukan penyakit. Virus itu dapat kita cegah dengan memperkuat antibody tubuh kita”. Maksudnya, virus tidak akan bisa masuk kedalam tubuh kita jika kita sehat. Nah, computer ini ibarat tubuh kita, bakalan rentan terhadap virus jika lemah. Jika tubuh manusia punya antibody, komputermu juga punya yaitu antivirus. Tentunya, kejelian dan kewaspadaanmu terhadap berbagai hal yang masuk ke komputermu tetap diperlukan.
Selain persamaan diatas, virus komputer bekerja dengan cara nyaris sama dengan virus biologis yang menyerang tubuh manusia.

  1.      Sama seperti Virus Biologis, Virus Komputer mengubah struktur tertentu. Bedanya, jika virus biologis merubah struktur info genetic sel dalam tubuh, virus komputer mengubah struktur program agar tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sebagai contoh: program Jetaudio berubah menjadi generatornya.
  2.       Biasanya Virus tidak bereaksi seketika itu juga. Kita butuh beberapa hari untuk menyadari jika komputer kita sudah terserang oleh virus. Virus komputer sering melakukan hal yang sama. Dia baru unjuk gigi setelah komputermu dinyalakan dua-tiga kali lagi atau sesegera mungkin.
  3.       Virus Biologis tidak akan menginfeksi sel korban yang sama lebih dari sekali. Ini juga dilakukan Virus Komputer. Virus tidak akan menginfeksi suatu file dikomputermu lebih dari sekali.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews