Senin, 23 Mei 2011

6 jenis virus yang sering menyerang komputer


Melanjutkan postingan sebelumnya yaitu mengenai " 5 Kemampuan yang Dimiliki oleh Virus "
Kali ini kita akan membahas mengenai Jenis-jenis Virus Komputer yang Sering Menyerang Komputer agan-agan sekalian. Kebanyakan vius yang menyerang komputer kita dibuat oleh ahli IT dan orang awam yang baru tahu cara membuat virus. Dalam semenit saja ada 5 varian virus baru yang lahir. Bayangkan jika dihitung dalam setahun ada berapa banyak tuh???. 5 x 60 x 24 x 365 = 2628000 varian virus baru yang lahir. wkwkwk.
Baiklah kita balik ketopik pembiacaraan agar mengetahui secara rinci Jenis virus apa saja yang sering menyerang komputer agan-agan sekalian. Check It Out.


1.    Virus Makro
       Biasanya orang-orang mengenalnya dengan sebutan virus Microsoft Word, tapi sebenarnya tidak seperti itu. Virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman aplikasi dan bukan bahasa pemograman sistem operasi. Virus bisa menjangkiti kompute agan apa pun sistem operasinya, selama agan masih memakai aplikasi tertentu yang dasar pemrogramannya dipakai untuk membuat virus tersebut.

2.     Virus Boot Sector 
        Virus yang memanfaatkan gerbang hubungan antara komputer dengan media penyimpanan sebagai sarana untuk menularkan virus. Virus ini juga mengganti boot sector asli dengan miliknya sehingga ketika booting, dia tetap bisa beroperasi dikomputer. Setiap kamu menyalakan komputer, virus tersebut akan me-load beberapa proses yang ter-install dikomputr dan diam ditempat proses asli. Setiap kali komputer dinyalakan secara otomatis (selain memanggil proses yang sebenarnya) ia juga memanggil virus.

3.     Polymorphic Virus
        Seperti namanya, virus ini memang memiliki banyak bentuk. Virus ini ingin mengelabui antivirus yang kamu pasang untuk mendeteksi keberadaannya dengan menjelma ke berbagai bentuk.

4.     Virus File/Program
        Virus ini menginfeksi file atau program yang bisa dieksekusi langsung oleh sistem operasi. File atau program yang berekstensikan *.exe atau *.com sangat rentan terinfeksi virus. Ciri-ciri file atau program yang telah terinfeksi adalah berubahnya ukuran file atau program tersebut.

5.     Virus Multipartisi
        Virus ini adalah gabungan antara virus file atau program dengan boot sector. Virus ini memiliki kemampuan gabungan virus boot sector dengan virus file atau program.

6.     Virus Script
        Dulu virus ini sering dikenal dengan istilah Batch Virus, karena dibuat dari batch file. Virus ini biasanya kita dapatkan melalui internet. Biasanya, dia menumpang pada file HTML ( Hyper Text Makup Languange) dan dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman, baik javascript, Visual Basic, maupun gabungannya.

Sekian dulu bahasannya moga-moga dapat membantu agan-agan sekalian dalam mengetahui jenis virus apa saja yang sering menyerang komputer agan-agan sekalian. Wassalam.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews