Minggu, 29 Mei 2011

Jenis-jenis Trojan yang Harus Kita Ketahui


Pada postingan sebelumnya kita telah membahas mengenai Jenis-jenis virus yang berbahaya bagi komputer kita. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa jenis Trojan menurut Dancho Danchev dan beberapa Jenis-jenis Trojan yang Harus Kita Ketahui. Untuk lebih jelasnya Check It Out


 1.   Trojan Remote Access
       Jenis ini bisa dibilang Trojan paling banyak beredar karena fungsinya sangat banyak. Trojan jenis ini menyerang dengan cara menunggu diaktifkan dan membuka backdoor di komputer kalian tanpa diketahui. Melalui jaringan atau internet orang yang menyerangmu juga akan mengaktifkan program lainnya yang nantinya kombinasi ini membuat dia bisa mengendalikan komputer kalian.

2.    Trojan Pengirim Password
       Tugas dari Trojan jenis ini adalah mengirimkan password yang ada di komputer kalian atau internet ke sebuah e-mail khusus yang telah disiapkan oleh pembuat Trojan tersebut . Trojan ini mengambil password didalam file HTTP, IRC, ICQ dan FTP. Ini sangat berbahaya, jika berhubungan dengan bank ataupun credit card ( e-banking ).

3.    Keylogger
       Trojan ini termasuk sederhana, ia dapat membaca password kalian dari ketukan keyboard/ papan ketik. Rekaman tersebut disimpan di suatu tempat yang disebut dengan logfile. Jadi, jika komputer kalian disusupi oleh Trojan jenis ini dan kalian mengetik user-id dan password dapat dipastikan rekamannya ada di dalam logfile. Ia akan beraksi saat kalian lagi online dan offline, bahkan dia juga mengetahui apakah status kalian lagi online atau tidak. Jika kamu sedang offline, rekaman tadi disimpan dulu kedalam hardisk kalian ( tanpa kalian ketahui ), pada saat kamu online barulah dia mengirim data-data tersebut kepada si penyerang atau penyusup atau pembuat virus Trojan tersebut.

4.    Trojan Penghancur
       Namanya memang sesuai dengan yang dilakukan oleh Trojan ini. Sederhana, mudah digunakan dan sangat berbahaya, mungkin inilah tiga kata yang cocok untuk menggambarkan, apa yang dapat dilakukan oleh Trojan jenis ini. Sesekali saja menginfeksi, dia akan menghapus sebagian bahkan semua file sistem komputer kalian. Sebagai contoh file-file yang berekstensikan *.ini, *.exe dan *.com. Jika file-file tersebut dihilangkan, sistem di komputer kalian menjadi rusak layaknya apa yang dikerjakan sebuah virus. Bedanya, Trojan ini melakukan rencana jahatnya menunggu waktu yang ditentukan ole si pembuatnya.

Berikut ini adalah beberapa Jenis-jenis Trojan yang Harus Kita Kenali

1.    Trojan Distributed Denial of  Service ( DDoS)
      Dengan asumsi si penyerang sudah mendapatkan banyak korban, anggaplah 500 korban yang sambungan internetnya memakai ADSL (koneksi internet lewat kabel berkecepatan tinggi), lalu dia menyerang atau melumpuhkan secara bersamaan ke satu atau beberapa target komputer, dengan mengirimkan data yang sangat banyak, sehingga lalu lintas datanya sangat padat melebihi kapasitas jalur internet pengguna, akhirnya mematikan sambungan internet dan komputer.

2.    Software Detection Killers
       Beberapa Trojan yang beredar telah dilengkapi dengan kemampuan untuk melumpuhkan software pendeteksi. Jadi jika kalian memasang software pendeteksi Trojan jangan kalian kira telah bebas dari masalah karena dilumpuhkan oleh Trojan.

3.    Trojan Proxy/Wingate
        Bentuk dan corak yang menarik diterapkan oleh pembuat Trojan untuk mengelabui korban dengan memanfaatkan suatu Proxy/Wingate server yang disediakan untuk seluruh dunia atau hanya untuk penyerang saja. Trojan Proxy/Wingate digunakan pada Telnet yang tanpa nama, ICQ,IRC, dan untuk mendaftarkan domain dengan nomor kartu kredit yang telah dicuri serta untuk aktivitas lain yang tidak sah. Trojan ini melengkapi penyerang dengan keadaan tanpa nama dan memberikan kesempatan untuk berbuat segalanya terhadap computer korban dan jejaak yang tidak dapat ditelusuri.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews