Minggu, 26 Februari 2012

Daftar Kota Pelajar Terbaik Dunia

   Daftar Kota Pelajar Terbaik Dunia - Kota Paris, Prancis, dinobatkan sebagai kota terbaik di dunia untuk para pelajar. Paris ada di peringkat pertama dalam daftar 50 kota dunia terbaik untuk para pelajar (QS Best Student Cities), yang disusun lembaga pemeringkat universitas terbaik dunia, Quacquarelli Symonds (QS). Paris mengalahkan London yang ada di peringkat dua.

   Dalam menyusun daftarnya, peneliti QS mempertimbangkan kota dengan populasi lebih dari 250 ribu orang dan memiliki dua atau lebih universitas kelas dunia. Untuk menilai, peneliti membuat empat indikator, yakni variasi mahasiswa (student mix), kualitas hidup (quality of living), penilaian dari para pengusaha (employer activicty), dan keterjangkauan (affordability).

   Mereka mengukur keterjangkauan dan kualitas hidup serta jumlah dan reputasi universitas. Peneliti utama QS Best Student Cities Ben Sowter menyatakan meski London memiliki lebih banyak universitas kelas dunia dibandingkan Paris, namun kota di Inggris itu dinilai lebih mahal.

  London mendapat nilai baik dalam hal kualitas dan reputasi universitas, termasuk Imperial College, University College London dan King’s College London.

   Namun kedua kota itu mendapat nilai sama baik dalam hal kualitas hidup, variasi mahasiswa, dan bagaimana pengusaha menilai lulusan universitas tersebut sebagai lulusan yang baik.

   Saat dibenturkan dengan biaya, London jelas kalah dari Paris. Dalam survei ini, mahasiswa dari luar Uni Eropa di London membayar 20 ribu poundsterling setahun untuk biaya kuliah sementara mahasiswa asing di Paris hanya membutuhkan 1,000 poundsterling per tahun.

   “Biaya kuliah di London jauh lebih mahal dibandingkan Paris, dan ini berarti mahasiswa membutuhkan investasi lebih besar untuk perguruan tinggi kelas dunia di London,” jelas Sowter.

   Tujuan penelitian ini adalah memberikan petunjuk kepada warga dunia yang ingin menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Tim peneliti mempertimbangkan 500 kota, namun yang terpilih hanya di bawah 100 kota. Sementara yang dipublikasikan hanya 50 kota.

   QS melihat indikator seperti ‘kualitas hidup’, yang termasuk tindakan kejahatan dan biaya hidup. Mereka juga melihat campuran mahasiswa yang meliputi jumlah keseluruhan mahasiswa dan proporsi dari luar negeri. Untuk mengukur keterjangkauan, QS memasukkan harga burger dan jumlah uang kuliah.

   “Baik Paris maupun London merupakan kota murah tapi biaya kuliah di London membuatnya berbeda 13 poin dari Paris,” jelas Sowter.

Berikut Daftar 10 Kota Terbaik Dunia untuk Pelajar.
1.   Paris, Prancis
2.   London, Inggris
3.   Boston, Amerika Serikat
4.   Melbourne, Australia
5.   Wina, Austria
6.   Sydney, Australia
7.   Zurich, Swis
8.   Berlin, Jerman
9.   Dublin, Irlandia
10. Montreal, Kanada

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews